TUGAS
KELOMPOK
Disusun guna memenuhi salah satu
tugas mata kuliah “Pendidikan IPA SD”
Dosen pengampu,Arfilia
Wijayati,S.Pd,M.Pd.

Disusun
Oleh:
Siti
Ambarwati 13120143
Azizah
Yuni 13120
Angga
Yogi tatang 13120172
Della
Rihani 13120169
FAKULTAS ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
2014
MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan :
SD/MI
Kelas / Semester : 4 /1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1 : Keberagaman Budaya Bangsaku (Budaya
Indonesiaku)
Pembelajaran ke : 4
Alokasi waktu :
(5x35 menit) 1 Hari
A.
KOMPETENSI
INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI
DASAR
IPA
3.5
Memahami sifat-sifat bunyi melalui
pengamatan dan keterkaitannya dengan indra pendengaran.
4.4
Menyajikan hasil percobaan atau
observasi tentang bunyi.
PPKn
3.1 Memahami makna dan keterkaitan simbol-simbol
sila Pancasila dalam memahami Pancasila secara utuh.
4.1
Mengamati dan menceritakan perilaku di
sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai
satu kesatuan yang utuh.
IPS
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5
Menceritakan manusia dalam dinamika
interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
C.
INDIKATOR
IPA
·
Menjelaskan
sumber bunyi dalam bentuk tulisan,
·
Membandingkan
bunyi
yang dihasilkan oleh benda yang bergetar.
PPKn
- Menceritakan pengalaman mengamalkan nilai-nilai
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
IPS
- Menceritakan pengalamannya menjaga keharmonisan
hubungan dengan teman sebagai pengamalan nilai-nilai Pancasila.
D.
TUJUAN
- Setelah membaca teks dan bereksplorasi dengan
benda-benda sekitar, siswa dapat menjelaskan sumber bunyi dalam bentuk
tulisan.
- Setelah bereksplorasi dengan benda-benda
sekitar, siswa dapat membandingkan bunyi yang dihasilkan oleh benda yang
bergetar.
- Setelah berdiskusi siswa dapat menceritakan pengalamannya
mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan
benar.
E.
MATERI
- Teks
tentang Alat Musik Tradisional.
- Konsep
harmoni dalam bermusik.
- Makna
harmoni dalam kehidupan sehari-hari.
F.
PENDEKATAN
& METODE
- Pendekatan :
Scientific
- Strategi :
Cooperative Learning
- Teknik :
Example Non Example
- Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan
dengan Pembacaan Teks Pancasila.
2. Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa.
3. Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
4. Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
5. Guru
menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta
menyapa anak.
6. Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
Tahukah Kamu?
1. Guru
menunjukkan beberapa gambar alat musik.
2. Siswa
mengamati gambar dan diberi kesempatan membuat pertanyaan. Siswa
mendiskusikan pertanyaan yang dibuatnya secara berpasangan.
3. Siswa
membaca dan memahami informasi teks tentang Alat Musik Tradisional.
4. Berdasarkan
pengetahuan yang didapat dari teks bacaan, siswa diminta menyebutkan alat
musik yang diketahuinya serta cara memainkan alat tersebut.
Jenis-Jenis
Alat Musik Berdasarkan Cara Memainkannya
a. Alat musik
tiup, yaitu alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup. Contoh: recorder,
flute, horn, tuba, seruling, harmonika,
trompet, pianika, saksofon, klarinet, dan lain-lain.
![]()
b. Alat musik
gesek, yaitu alat musik yang dimainkan dengan cara digesek. Contoh: cello, biola, rebab,
kontra bas, dan lain-lain.
c. Alat musik
petik, yaitu alat musik yang di mainkan dengan cara dipetik.
Contoh: gitar,
bas, mandolin, sasando, ukulele, harpa, siter, banjo, dan lain-lain.
d. Alat musik
pukul, yaitu alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik pukul ada dua macam:
1. Alat musik
pukul bernada
Contoh:
kolintang, perangkat gamelan, calung, arumba, bellira, vibraphone, xylophone,
glockenspiel, dan lain-lain.
2. Alat musik
pukul tak bernada
Contoh:
gendang, ketipung, rebana, gong, tamborin, symbal, triangle, tympani,
kastanyet, pauken, drum set, dan lain-lain.
e. Alat musik
tekan, yaitu alat musik yang dimainkan dengan cara ditekan.
Contoh: piano,
organ, keyboard dan lain-lain.
Ayo Lakukan
1. Siswa
bereksplorasi dengan berbagai sumber bunyi dari benda-benda di sekitar. Hasil
eksplorasi dituliskan pada tabel yang terdapat pada buku siswa.
2. Guru
menyiapkan benda-benda yang dibunyikan dengan cara:
·
Ditiup: peluit
·
Digesek: sisir
·
Dipetik: karet
·
Ditekan:
mainan anak
![]()
3. Siswa
mengamati tabel dan mengambil kesimpulan dari kegiatan yang dilakukan.
Guru membantu
siswa untuk menemukan kesimpulan yang sesuai harapan dengan memberikan
pertanyaan-pertanyaan seperti:
a. Apakah
semua benda yang kalian amati dapat mengeluarkan bunyi?
b. Dengan
cara apakah benda itu dapat berbunyi?
c. Apa
yang kalian rasakan pada kulit saat kalian membuat benda itu berbunyi?
d. Apa
yang kalian simpulkan dari kegiatan ini?
(Penilaian no.
1)
Ayo Bekerja
Sama
1. Guru
mengelompokkan siswa berdasarkan cara membunyikan benda.
2. Guru
menyiapkan benda-benda dari peralatan dapur atau lainnya.
Kegiatan
Alternatif
Siswa yang
pandai bermain alat musik diminta untuk bermain di hadapan teman-temannya.
1.
Guru
membimbing siswa bermain musik dengan alat-alat yang ada. Guru mengajak siswa
menyanyikan lagu yang dikenal dengan iringan musik buatan.
Ayo Ceritakan
1. Siswa
dikenalkan dengan konsep harmoni dalam bermusik. Harmoni dalam
musik adalah salah satu teori musik yang
mengajarkan bagaimana menyusun suatu rangkaian akord-akord
agar musik tersebut dapat enak didengar dan selaras.
Di sini dipelajari tentang penggunaan berbagai nada
secara bersama-sama dan akord-akord musik yang
terjadi.
2. Siswa
mendikusikan makna harmoni dalam kehidupan sehari-hari.
3. Siswa
mendiskusikan manfaat keharmonisan alam kehidupan berbangsa dan bertanah air
(persatuan dalam keberagaman).
(Penilaian no. 3)
4. Siswa
menceritakan sikap harmoni dengan makna yang terkandung dalam sila Pancasila.
(Penilaian no.
2).
Sila Persatuan
Indonesia
Bangsa
Indonesia sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan Negara dan bangsa.
Sikap rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa, dikembangkan
menjadi rasa kebangsaan dan bertanah air Indonesia, dalam rangka memelihara
ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan
sosial. Persatuan dikembangkan atas dasar Bhineka Tunggal Ika, dengan
memajukan pergaulan demi kesatuan dan persatuan
Bangsa
Indonesia. Nilai-nilai yang terkandung dalam sila Persatuan Indonesia
meliputi cinta bangsa, cinta tanah air, persatuan bangsa, penghargaan
terhadap kemajemukan, kesetaraan dan multikulturalisme, dan gotong royong.
Ayo Renungkan
1. Siswa
menjawab pertanyaan pada buku siswa.
2. Siswa
juga mengerjakan worksheet pada buku siswa.
3. Guru
dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman
150.
Pengayaan
Pada saat
istirahat, siswa dapat bermain musik dengan menggunakan benda-benda di sekitar sekolah.
Remedial
-
|
150 menit
|
Penutup
|
1. Siswa
melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2. Siswa
menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami,
serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3. Guru
mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa
membacakan jawaban mereka.
4. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan
menambahkan informasi dari siswa lainnya.
5. Guru
menyampaikan pesan moral untuk senantiasa menghargai keberagaman budaya
bangsa.
6. Guru
menguccapkan Salam dan do’a penutup.
|
5.
15 menit
|
H.
SUMBER
DAN MEDIA
- Berbagai
jenis benda yang menghasilkan bunyi seperti botol, sendok, tutup panci,
dan lain-lain.
I.
PENILAIAN
1.
Prosedur
Penilaian
2.
Penilain
Proses
·
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan
awal sampai dengan kegiatan akhir.
3.
Penilaian
Hasil Belajar
·
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
4.
Instrumen
Penilaian
5.
Penilaian
Proses
·
Penilaian
Kinerja.
·
Penilaian
Produk.
6.
Penilaian
Hasil Belajar
·
Pilihan
ganda.
·
Isian
singkat.
·
Esai
atau uraian.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
(..............................................)
NIP. .........................................
|
Semarang,
Guru Kelas 4
,
(.........................................)
NIP....................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar