Sabtu, 27 Desember 2014

kelompok kls 4 kd 4.4


TUGAS KELOMPOK
Disusun guna memenuhi salah satu tugas mata kuliah “Pendidikan IPA SD”
Dosen pengampu,Arfilia Wijayati,S.Pd,M.Pd.

Disusun Oleh:
Siti Ambarwati                                           13120143
Azizah Yuni                                                13120
Angga Yogi tatang                                               13120172
Della Rihani                                                         13120169

 FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
2014
MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan      : SD/MI
Kelas / Semester          :  4 /1
Tema 1                        :  Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1                 :  Keberagaman Budaya Bangsaku (Budaya Indonesiaku)
Pembelajaran ke          :  4
Alokasi waktu            : (5x35 menit) 1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     KOMPETENSI DASAR
IPA
3.5   Memahami sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indra pendengaran.
4.4   Menyajikan hasil percobaan atau observasi tentang bunyi.
PPKn
3.1   Memahami makna dan keterkaitan simbol-simbol sila Pancasila dalam memahami Pancasila secara utuh.
4.1   Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh.
IPS
3.5   Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5   Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
C.    INDIKATOR
IPA
·         Menjelaskan sumber bunyi dalam bentuk tulisan,
·         Membandingkan bunyi yang dihasilkan oleh benda yang bergetar.
PPKn
  • Menceritakan pengalaman mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
IPS
  • Menceritakan pengalamannya menjaga keharmonisan hubungan dengan teman sebagai pengamalan nilai-nilai Pancasila.
D.    TUJUAN
  1. Setelah membaca teks dan bereksplorasi dengan benda-benda sekitar, siswa dapat menjelaskan sumber bunyi dalam bentuk tulisan.
  2. Setelah bereksplorasi dengan benda-benda sekitar, siswa dapat membandingkan bunyi yang dihasilkan oleh benda yang bergetar.
  3. Setelah berdiskusi siswa dapat menceritakan pengalamannya mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
E.     MATERI
  1. Teks tentang Alat Musik Tradisional.
  2. Konsep harmoni dalam bermusik.
  3. Makna harmoni dalam kehidupan sehari-hari.
F.     PENDEKATAN & METODE
  1. Pendekatan     : Scientific
  2. Strategi            : Cooperative Learning
  3. Teknik             : Example Non Example
  4. Metode            : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan








1.       Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
2.       Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.       Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
4.       Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
5.       Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.       Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
10 menit
Inti
Tahukah Kamu?
1.       Guru menunjukkan beberapa gambar alat musik.
2.       Siswa mengamati gambar dan diberi kesempatan membuat pertanyaan. Siswa mendiskusikan pertanyaan yang dibuatnya secara berpasangan.
3.       Siswa membaca dan memahami informasi teks tentang Alat Musik Tradisional.
4.       Berdasarkan pengetahuan yang didapat dari teks bacaan, siswa diminta menyebutkan alat musik yang diketahuinya serta cara memainkan alat tersebut.
Jenis-Jenis Alat Musik Berdasarkan Cara Memainkannya
a.    Alat musik tiup, yaitu alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup. Contoh: recorder, flute, horn, tuba, seruling, harmonika, trompet, pianika, saksofon, klarinet, dan lain-lain.


b.   Alat musik gesek, yaitu alat musik yang dimainkan dengan cara digesek. Contoh: cello, biola, rebab, kontra bas, dan lain-lain.
c.    Alat musik petik, yaitu alat musik yang di mainkan dengan cara dipetik.
      Contoh: gitar, bas, mandolin, sasando, ukulele, harpa, siter, banjo, dan lain-lain.
d.   Alat musik pukul, yaitu alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik pukul ada dua macam:
1.   Alat musik pukul bernada
      Contoh: kolintang, perangkat gamelan, calung, arumba, bellira, vibraphone, xylophone, glockenspiel, dan lain-lain.
2.   Alat musik pukul tak bernada
      Contoh: gendang, ketipung, rebana, gong, tamborin, symbal, triangle, tympani, kastanyet, pauken, drum set, dan lain-lain.
e.    Alat musik tekan, yaitu alat musik yang dimainkan dengan cara ditekan.
      Contoh: piano, organ, keyboard dan lain-lain.
      Sumber: www.phyruhize.com

Ayo Lakukan
1.       Siswa bereksplorasi dengan berbagai sumber bunyi dari benda-benda di sekitar. Hasil eksplorasi dituliskan pada tabel yang terdapat pada buku siswa.
2.       Guru menyiapkan benda-benda yang dibunyikan dengan cara:
·         Ditiup: peluit
·         Digesek: sisir
·         Dipetik: karet
·         Ditekan: mainan anak
3.       Siswa mengamati tabel dan mengambil kesimpulan dari kegiatan yang dilakukan.
      Guru membantu siswa untuk menemukan kesimpulan yang sesuai harapan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan seperti:
a.       Apakah semua benda yang kalian amati dapat mengeluarkan bunyi?
b.       Dengan cara apakah benda itu dapat berbunyi?
c.       Apa yang kalian rasakan pada kulit saat kalian membuat benda itu berbunyi?
d.      Apa yang kalian simpulkan dari kegiatan ini?
(Penilaian no. 1)




Ayo Bekerja Sama
1.       Guru mengelompokkan siswa berdasarkan cara membunyikan benda.
2.       Guru menyiapkan benda-benda dari peralatan dapur atau lainnya.
Kegiatan Alternatif
Siswa yang pandai bermain alat musik diminta untuk bermain di hadapan teman-temannya.
1.      Guru membimbing siswa bermain musik dengan alat-alat yang ada. Guru mengajak siswa menyanyikan lagu yang dikenal dengan iringan musik buatan.
Ayo Ceritakan
1.       Siswa dikenalkan dengan konsep harmoni dalam bermusik. Harmoni dalam musik adalah salah satu teori musik yang mengajarkan bagaimana menyusun suatu rangkaian akord-akord agar musik tersebut dapat enak didengar dan selaras. Di sini dipelajari tentang penggunaan berbagai nada secara bersama-sama dan akord-akord musik yang terjadi.
2.       Siswa mendikusikan makna harmoni dalam kehidupan sehari-hari.
3.       Siswa mendiskusikan manfaat keharmonisan alam kehidupan berbangsa dan bertanah air (persatuan dalam keberagaman).
(Penilaian no. 3)
4.       Siswa menceritakan sikap harmoni dengan makna yang terkandung dalam sila Pancasila.
(Penilaian no. 2).

Sila Persatuan Indonesia
Bangsa Indonesia sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan Negara dan bangsa. Sikap rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa, dikembangkan menjadi rasa kebangsaan dan bertanah air Indonesia, dalam rangka memelihara ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial. Persatuan dikembangkan atas dasar Bhineka Tunggal Ika, dengan memajukan pergaulan demi kesatuan dan persatuan
Bangsa Indonesia. Nilai-nilai yang terkandung dalam sila Persatuan Indonesia meliputi cinta bangsa, cinta tanah air, persatuan bangsa, penghargaan terhadap kemajemukan, kesetaraan dan multikulturalisme, dan gotong royong.

Ayo Renungkan
1.       Siswa menjawab pertanyaan pada buku siswa.
2.       Siswa juga mengerjakan worksheet pada buku siswa.
3.       Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.
Pengayaan
Pada saat istirahat, siswa dapat bermain musik dengan menggunakan benda-benda di sekitar sekolah.
Remedial
-
150 menit
Penutup
1.       Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.       Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.       Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
4.       Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
5.       Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa menghargai keberagaman budaya bangsa.
6.       Guru menguccapkan Salam dan do’a penutup.


5.      15 menit


H.    SUMBER DAN  MEDIA
  1. Berbagai jenis benda yang menghasilkan bunyi seperti botol, sendok, tutup panci, dan lain-lain.

I.       PENILAIAN
1.      Prosedur Penilaian
2.      Penilain Proses
·         Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.

3.      Penilaian Hasil Belajar
·         Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
4.      Instrumen Penilaian
5.      Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja.
·         Penilaian Produk.
6.      Penilaian Hasil Belajar
·                   Pilihan ganda.
·                   Isian singkat.
·                   Esai atau uraian.


Mengetahui
Kepala Sekolah,



(..............................................)
NIP. .........................................
Semarang,   
Guru Kelas 4  ,



(.........................................)
NIP....................................





Tidak ada komentar:

Posting Komentar